Arti endorse dalam dunia bisnis online adalah sebuah strategi promosi
yang dilakukan dengan memanfaatkan figur atau tokoh yang terkenal untuk
mereferensikan, memberikan pengertian dan mempromosikan sebuah produk
agar produk tersebut dikenal dan laris manis di pasaran. Dengan endorse,
diharapkan konsumen yang belum tahu produk tersebut bisa tahu dengan
produk yang dipasarkan dan berpeluang untuk membeli produk yang
dipromosikan oleh seorang endorsement tersebut. Lalu sebenarnya seperti apa pengaruh endorse dalam peningkatan penjualan?
Pengaruh Endorse Dalam Peningkatan Penjualan Online
Sistem endorse untuk mempromosikan sebuah produk semakin gencar
dilakukan seiring dengan demam media sosial instagram yang menjalar ke
seluruh lapisan masyarakat. Mereka yang bisa melakukan endorse adalah
figur atau tokoh yang memiliki follower berjumlah ribuan, ratusan ribu
bahkan jutaan. Hal ini karena follower memang sangat menentukan. Semakin
banyak follower maka peluang semakin banyak orang yang` melihat produk
yang dipromosikan semakin besar. Semakin banyak follower peluang
follower tersebut membeli produk yang diendorsekan juga semakin besar.
Dengan begini terjadi hubungan timbal balik antara si pengendorse,
pembeli dan juga pihak yang menjual produk dengan meminta pengendorse
mempromosikan produknya.
Biasanya model, artis atau selebgram diminta untuk melakukan
endorsement. Tarif yang diminta untuk sekali endorse juga berbeda – beda
karena masing – masing pengendorse memiliki syarat dan tarif yang
berbeda untuk melakukan endorse. Ada yang mulai ratusan ribu sampai
jutaan rupiah tergantung tarif yang diberikan pengendorse tersebut.
Sehingga Anda yang ingin menggunakan jasa endorsement untuk
mempromosikan barang yang Anda jual maka Anda harus melakukan
konsolidasi dan pembicaraan dulu mengenai sistem pengendorse untuk
melakukan endorse, bagaimana kinerjanya dia dan berapa tarif yang mereka
pasang. Lalu apakah sangat berpengaruh dalam peningkatan penjualan?
Sejauh ini, endorse memiliki pengaruh yang sangat besar dalam upaya
peningkatan penjualan. Hal ini karena sifat dan watak orang Indonesia
yang suka menggunakan barang – barang yang digunakan idolanya. Semisal,
seseorang adalah followers Natasha Wilona dan merupakan fans fanatik
Natasha Wilona. Bukan tidak mungkin ketika Natasha Wilona mengendorse
sebuah produk kecantikan, followers Natasha Wilona yang sudah sangat
ngefans dengan Natasha Wilona tersebut tertarik untuk menggunakan sebuah
produk kecantikan yang dipromosikan oleh Natasha Wilona. Ia kemudian
memfollow akun yang diendorse Natasha Wilona dimana akun tersebut
menjual produk kecantikan yang diendorse Natasha Wilona. Dengan begini
akun tersebut akan mendapat follow dari orang yang tertarik membeli
produk yang sudah direkomendasikan oleh Natasha Wilona tadi dan
penjualan terjadi. Sampai saat ini endorsement sangat berpengaruh dalam
upaya peningkatan penjualan dengan potensi yang sangat besar.
Akan tetapi memang kesuksesan seorang endorsement dalam mengendorse
sebuah produk tidak lepas dari bagaimana sang bintang merayu
followersnya untuk membeli produk yang diendorse. Semakin terkenal figur
yang membawakan endorsement tadi tentu semakin besar juga peluang
dirinya menjaring semakin banyak konsumen untuk membeli sebuah produk
yang diendorsenya.
Salah satu media sosial yang mempopulerkan langkah promosi dengan sistem endorse
ini adalah instagram. Pasalnya, instagram merupakan sebuah media sosial
yang memuat konten utama foto dan video dimana bisa terselip caption
dari foto atau video yang dimuat. Caption tersebutlah yang dijadikan
teks endorse oleh seorang endorsement yang mempromosikan sebuah produk.
Dengan melakukan endorse, seketika produk akan jadi rebutan.
Pada umumnya produk yang sering dipromosikan dengan sistem endorse
selalu bisa sukses menjaring pelanggan. Ada banyak produk yang saat ini
diendorsekan bahkan banyak pemilik akun jualan di instagram memilih
endorsement untuk target promosinya. Mulai dari bisnis sepatu, bisnis
busana, bisnis database, bisnis produk kecantikan, bisnis tas, bisnis
camilan, bisnis kue dan kuliner, bahkan sampai dengan bisnis keperluan
bayi dipromosikan dengan endorse.
Akan tetapi walau pengaruh endorse dalam upaya peningkatan
penjualan sangatlah besar, Anda tetap harus menentukan figur siapa yang
akan mengendorse. Jangan sampai Anda asal – asalan memilih pengendorse
yang menawarkan harga murah dengan follower yang kurang menguntungkan
karena hal ini akan kurang menguntungkan juga untuk Anda. Sebaiknya
pilih figur dengan banyak followers aktif yang suka coment dan memiliki
banyak like di akun instagramnya. Figur ini kebanyakan memiliki potensi
minat yang sangat besar dari para followers. Lebih penting lagi Anda
perlu sesuaikan figur dengan target market produk yang akan Anda
promosikan.
Misalkan ketika Anda memiliki produk alat – alat bayi, mungkin Natasha
Wilona yang masih belum punya anak kurang sesuai untuk mengendorse
produk ini. Ada baiknya Anda memilih figur yang sudah memiliki anak
untuk mengendorse karena akan lebih faktual dan terkesan lebih natural.
Anda bisa memilih figur seperti Ashanty yang sudah punya anak dan dalam
keadaan hamil, Nina Zatulini atau berbagai figur lain yang memiliki
pengalaman dalam dunia anak. Dengan begini langkah Anda akan sangat
tepat dan memberikan kontribusi timbal balik yang maksimal.
Jadi intinya, pahami dulu produk yang Anda jual kemudian cari target
endorse yang sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan agar produk
Anda bisa laku keras. Jangan salah pilih endorse supaya potensi pengaruh endorse dalam peningkatan penjualan akan semakin besar. Salam sukses berwirausaha.
0 comments:
Post a Comment